Tempat Wisata Belanja di Bandung

Bandung sejak dulu terkenal sebagai Paris van Java. Kata orang eropa dulu, Bandung seperti Paris, padahal dulu di Bandung tidak banyak tempat wisata belanja. Jadi Bandung dikenal sebagai Paris van Java karena keindahan kotanya. Sejuk dan teduh, karena banyak pepohonan besar di sepanjang jalan. Apalagi jika lagi musim bunga, warna-warni bunga menghiasi kota. Tapi itu jaman dahulu, tahun 60-80an. Sekarang sudah beda lagi. Cuaca di Kota Bandung sudah mulai panas. Pohon-pohon sudah banyak ditebangi untuk pelebaran jalan. Lalu lalang kendaraan, asap dan bising knalpot, sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Bahkan pada jam-jam tertentu dan akhir pekan, kemacetan lalu lintas sudah tidak asing lagi. Namun, kota Bandung sekarang mungkin juga mirip dengan kota Paris saat ini, yaitu terkenal dengan model fashion-nya.

Wisata kota Bandung tidak bisa terlepas dari wisata belanja fashion, selain kuliner tentunya. Istilah Factory Outlet (FO) sudah menjadi trademark kota ini. Belanja fashion tidak lagi terpusat di mal-mal atau di pasar, tetapi sudah tersebar di banyak factory outlet. Berbagai jenis fashion, tas, sepatu, dan aksesoris lainnya mulai diperjualbelikan di toko-toko khusus. Uniknya, toko dengan label factory outlet ini menjadi salah satu tujuan belanja para wisatawan yang berkunjung di Bandung. Seolah-olah belum lengkap jika belum membawa oleh-oleh dari factory outlet di Bandung.

Sebenarnya, toko yang menjual baju atau celana dengan harga murah karena langsung dari pabriknya seperti FO yang sekarang ini sudah ada sejak dulu di Bandung. Namun, saat itu dikenal sebagai grosir sisa ekspor. Dulu banyak ditemui di daerah Kopo. Dalam perkembangannya, karena banyak peminatnya, lalu dikembangkan toko fashion yang lebih modern. Fashion yang dijual bukan hanya sisa ekspor, melainkan juga fashion-fashion berkualitas dengan desain terbaru. Outletnya pun tidak dikelola ala kadarnya, namun juga didesain lebih elegan. Meskipun kebanyakan toko/outlet tersebut tetap mempertahankan bentuk “rumah” sebagai pusat bisnisnya, namun desainnya sudah dipermak menjadi lebih menarik, lebih bersih, dan eye catching.

Lalu, dimanakah letak factory outlet di Bandung? Pusat FO di Bandung saat ini ada di daerah Jl. Riau (LLRE Martadinata) dan Jl. Ir. Juanda (Dago). Sebagian di Jl. Dr Setiabudhi, dan sisanya tersebar satu-dua di daerah lainnya.  Beberapa FO menjual fashion umum, baik pria, wanita, dewasa atau anak. Sebagian lagi hanya menjual fashion khusus untuk pria/wanita/anak. Factori Outlet (FO) di jalan Riau (Jl. RE Martadinata) : The Summit, Heritage, Stamp, ForMen Lelaki Gallery, Terminal Tas, Forever Style, UnUsual, the Secret, Calamus, Old & New, BaBe, Victoria. Factory outlet di Jl. Dago (Ir Juanda) : Blossom, Grande, Jetset, Donatello, Branded Gallery, Glamour, Episode, Raffles City, Carla, Gossip, Rich & Famous, Star Fashion, Runway. Factory outlet di Jl. Setiabudhi : Rumah Mode, Fashion World, Opus One, FOS Clothing Gallery. FO yang lain : Terminal Mode (Jl. Lombok), Stock Center (Jl. Soekarno Hatta), Otten One (Jl. Dr Otten), Best Choice, XO 2000 (Jl. Sukajadi), Bale Anak (Jl. Sumatera), Cargo (Jl. Diponegoro), Big Price Cut (Jl. Aceh). Jika ingin menginap di hotel, bisa dipilih yang ada di sekitar jl. Riau, jl. Juanda/Dago, atau di sekitar jl. Setiabudi.

Sebenarnya, tempat belanja fashion tidak hanya di factory outlet. Ada tempat lain yang tidak kalah menarik, yaitu Pasar Baru Bandung. Sejak dulu pasar baru bandung terkenal sebagai pusat penjualan garmen murah dan bagus. Jika dulu pasar baru sama dengan pasar tradisional lainnya, namun sekarang sudah beda. Pasar Baru Bandung sudah disulap menjadi seperti mal yang penuh dengan kios-kios fashion & accessories. Harga fashion di pasar baru juga relatif lebih murah dibandingkan di factory outlet.

Ketika berwisata ke suatu tempat, belum terasa lengkap jika pulangnya tidak membawa oleh-oleh makanan. Demikian pula untuk wisata di Bandung, banyak tersedia makanan khas yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh Bandung, diantaranya : peuyeum, batagor, roti bagelen, roti bolen, brownies, keripik tempe, keripik singkong pedas, dll. Pusat penjualan oleh-oleh ada di Pasar Baru, Kartika Sari, Maya Sari, Cihampelas, dan beberapa toko oleh-oleh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *