Hotel atau Penginapan di sekitar Kota Tua Jakarta

Jakarta, ibukota Indonesia memiliki sejarah yang tidak bisa dilupakan. Sebagai pusat kota tua jakartaperdagangan pada jaman kerajaan nusantara dan jaman kolonial Hindia Belanda, Jakarta merupakan kota yang sudah ramai dan menjadi rebutan kekuasaan. Tahun 1619, VOC menghancurkan Jayakarta di bawah komando Jan Pieterszoon Coen. Satu tahun kemudian, VOC membangun kota baru bernama Batavia untuk menghormati Batavieren, leluhur bangsa Belanda. Kota ini terpusat di sekitar tepi timur Sungai Ciliwung, saat ini Lapangan Fatahillah. Batavia lama memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Kantor gubernur VOC sekarang masih ada dan dimanfaatkan menjadi Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah.

Beberapa bangunan bersejarah lainnya yang masih berdiri dan sebagian digunakan sebagai museum : Stasiun Jakarta Kota, Tugu Jam Kota Tua Jakarta, Museum Wayang, Galangan VOC, Gedung Dasaad Musin, Menara Syahbandar, Jembatan Tarik Kota Intan, Museum Seni Rupa dan Keramik (bekas Pengadilan Batavia), Pelabuhan Sunda Kelapa, dll.

Lokasi Kota Tua saat ini berdekatan dengan pusat bisnis Glodok dan Mangga Dua. Berikut daftar hotel, hostel, homestay atau penginapan di sekitar tempat wisata Kota Tua Jakarta :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *